Monday 16 March 2015

Tahap membuat foto menjadi efek kartun dengan Photoshop

Tahap membuat foto menjadi efek kartun dengan Photoshop

Bismillahirrohmanirrohim,
Pada posting kali saya mencoba sharing membuat efek kartun atau manga menggunakan Adobe Photoshop, bukan bermaksud atau menggurui, tapi hanya sekedar sharing. Sebelumnya saya ingin mengatakan bahwa untuk membuat foto menjadi kartun atau manga ini tergantung pada pencahayaan yang di dapat, ini bukan tolak ukur pasti, dan mungkin hanya menjadi patokan untuk saya sendiri dan kawan - kawan semua.
disni saya hanya menggunakan plug in tambahan nik color efex pro 3.0 dan adobe photoshop CS 5, bisa di donlot di google bagi yang belum punya, kita mulai dari tahap awal, membuka photoshop lalu memasukan foto yang ingin dibuat menjadi kartun atau manga :
Sample Foto
1. duplicate layer ( ctrl+J )

 2. pilih filter - artistic poster edges
3. Hilangkan noise atau bintik hitam menggunakan brush ( hanya pada teksture kulit saja ), atur opacity dan flownya seperti gambar dibawah. untuk mengambil warna kulit klik (ctrl) lalu pilih bagian kulit yang ingin di hilangkan noise tersebut.
4. setelah menghilangkan noise dan menyamakan warna kulit, lalu klik nik color efex pro 3.0, pilih contrats color range, dan atur sesuai kenginan pecahayaan anda. atau seperti pengaturan di bawah
5. kemudian kembali ke nik color efex, pilih old photo dengan pengaturan seperti gambar di bawah ( grain harus 0%), 

6. dan ubah blending option menjadi screen, dengan opacity dan flow masing - masing 50%
7. lalu, (masih bermain dengan nix color efex) pilih tonal contrast agar detail gambar lebih terasa. gunakan dengan settingan default
8. duplicate layer, selanjutnya pilih filter, cutout,
9. lalu hapus bagian kulit dengan opacity dan flow 50%
10. nix color - contras only

11. untuk finishing bisa mengatur kembali , curves ( untuk pencahayaan yang pas ), cutout dan posteredges, atur levelnya sesuai selera anda.
12. finish

Ingat ini hanya patokan editan saja, bukan tolak ukur. Ambil contoh foto yang dibawah ini
sekali lagi ini hanya 'SHARING' bukan bermaksud untuk menggurui, karena saya yakin pasti banyak yang lebih bagus dari ini.
cukup sekian dan terima kasih.
CR  : http://www.padukastudio.com  ON

0 comments:

Post a Comment